Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan mata minus. Tetapi untungnya ada beberapa cara menghindari mata minus secara alami yang bisa anda coba. Mata minus sebenarnya merupakan sebuah kondisi dimana retina pada bagian mata tidak bisa menangkap cahaya dengan fokus.

Akibatnya maka maka tidak bisa fokus untuk melihat dengan baik pada objek dengan jarak jauh. Mata minus paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak, remaja usia sekolah, orang dewasa yang sudah bekerja dan juga orang tua.

Jika kita keluar rumah, banyak orang yang memakai kaca mata minus sebagai langkah perawatan untuk memperbaiki kondisi mata ini. Kacamata minus dipakai untuk memperbaiki lensa mata sehingga mata bisa melihat dengan jelas semua objek dengan jarak jauh.

Cara menghindari mata minus tidak bisa lewat satu sisi saja. Karena sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi minus. Misalnya saja karena kebiasaan yang kurang baik. Maka dari itu sejak dini hindarilah untuk membaca atau menonton televisi terlalu dekat karena dapat menyebabkan kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata minus.

Selain itu hindari pula kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat yang bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata. Jangan lupa untuk memberikan mata waktu istirahat setelah berada di depan komputer atau laptop selama berjam-jam. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh untuk melatih otot mata tetap normal.

Selain mencegah mata minus dengan memulai kebiasaan yang baik, tentunya anda juga perlu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan mata. Semuanya tentu sudah tahu bahwa memperoleh asupan vitamin A merupakan cara menghindari mata minus yang baik. Tetapi selain itu juga anda perlu mengonsumsi asupan nutrisi lainnya.

Misalnya lewat sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, daun kale yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Zat tersebut dapat mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.

Gandum juga dapat memberikan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh mata. Konsumsi gandum sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena vitamin E yang kaya serta kandungan zat seng dan niasin di dalamnya. Gandum juga sangat penting untuk mencegah kelebihan gula dalam darah.

Kandungan vitamin E juga dapat anda temukan dalam kacang kacangan. Selain itu kacang kacangan juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi mata. Berbagai jenis kacang kacangan yang bisa membantu mencegah mata minus antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut.

Selain vitamin A, jangan lupa juga untuk memperoleh asupan vitamin untuk mencegah mata minus. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemon, anggur, jeruk bali dan markisa. Demikianlah beberapa cara menghindari mata minus.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh Untuk Dilakukan

Jerawat seringkali menjadi masalah besar bagi beberapa orang karena kehadirannya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pubertas, jerawat dapat timbul dengan sendirinya karena adanya metabolisme hormon yang meningkat di dalam tubuh seseorang.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh Untuk Dilakukan

Jerawat biasanya muncul di area sekitar wajah, leher, dada, dan bisa juga di bahu / punggung. Keberadaan dari jerawat ini seringkali membuat risih dan ingin segera menghilangkannya baik dari usia remaja sampai orang dewasa karena mengurangi rasa kepercayaan diri dan penampilan.

Beragam produk kecantikan dan obat juga telah dibuat untuk membantu mengurangi jerawat, supaya produk dan obat tersebut dapat bekerja dengan baik selain digunakan / diminum secara teratur Anda juga perlu melakukan kebiasaan tertentu.

Berikut cara cara menghilangkan jerawat yang ampuh untuk dilakukan:

  1. Cuci Muka Secara Teratur Menggunakan Pembersih Khusus Untuk Kulit Wajah

Banyak sekali produk pembersih wajah penyebab jerawat seperti minyak, debu, dan kotoran yang beredar di pasaran. Gunakanlah secara teratur untuk menjaga kebersihan wajah Anda minimal tiga kali sehari dengan produk pembersih wajah tersebut. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan berasal dari bahan yang aman untuk kulit wajah.

Mencuci muka secara teratur terbukti efektif dalam mengurangi timbulnya jerawat di wajah. Karena penyebab utama dari jerawat seperti kotoran dan minyak berlebihan tidak menempel terlalu lama di wajah Anda.

  1. Hindari Memegang Jerawat Secara Langung

Saat jerawat Anda semakin besar dan terasa gatal / sakit janganlah menyentuhnya apalagi sampai dipencet, cukup dengan diolesi krim jerawat dan mencuci muka. Karena jika Anda melakukannya maka jerawat akan muncul pada titik yang lain karena tangan Anda yang kotor, dan memencet jerawat dapat menimbulkan bekas luka yang sulit hilang.

  1. Tidak Menggunakan Make Up Berlebihan dan Dalam Waktu yang Lama

Terlalu berlebihan dalam menggunakan alat kosmetik wajah / make up dapat menyebabkan pori pori kulit tertutup sehingga memicu jerawat berkembang. Gunakanlah make up secara bijaksana sesuai dengan jenis kulit Anda dan kondisi tertentu. Apabila sudah selesai atau mau tidur, jangan lupa untuk segera membersihkan make up dari wajah Anda.

  1. Melakukan Olahraga Ringan Secara Teratur

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat menguntungkan bagi tubuh dan kesehatan Anda. Rutin melakukan olahraga dapat menyeimbangkan metabolisme hormon dan menurunkan tingkat stress yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah Anda. Cuci muka dengan air hangat juga disarankan untuk dilakukan setelah selesai berolahraga karena dapat membersihkan keringat dan minyak hingga ke pori pori wajah.

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Jerawat juga dipengaruhi oleh makanan yang kita makan sehari hari, makan makanan berminyak, berlemak, fast food, junk food yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, dan buah buahan yang berserat tinggi untuk menstabilkan produksi hormon di dalam tubuh Anda yang menyebabkan jerawat.

  1. Tidur yang Cukup dan Hindari Tidur Larut Malam

Mencukupi jam istirahat setiap hari dan tidak tidur larut malam dapat menyeimbangkan metabolisme hormon yang dapat mencegah munculnya jerawat. Tidur larut malam dapat menyebabkan metabolisme terganggu dan tingkat stress meningkat sehingga berdampak pada munculnya jerawat.

Demikianlah tips dan cara menghilangkan jerawat yang ampuh untuk dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang. Melakukan kebiasaan yang sehat pada diri Anda sendiri dapat berdampak besar dibanding dengan harus mengeluarkan biaya besar untuk perawatan jerawat di klinik kecantikan.