Seputar Tentang Penyakit Asma

Penyakit AsmaKetika penyakit asma melanda, biasanya pengidap akan mengalami kesukaran dalam bernafas. Penyakit asma pada umumnya memang ditangani dengan obat semprot dari dokter atau menggunakan produk-produk herbal. Namun, hal yang perlu pengidap asma tahu bahwa selain dari pada itu, penyakit asma bisa juga diatasi dengan pengobatan tradisional yaitu seperti salah satunya dengan menggunakan tanaman rempah jahe.

Sebagaimana hasil dari sebuah penelitian yang dikerjakan New Columbia University mengungkapkan bahwa rempah jahe mempunyai sifat alami buat meringankan pengetatan pada tabung bronkial yang terjadi pada serangan penyakit asma. Rupanya serangan asma membatasi aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru.

Berdasarkan hasil penelitian, jahe mampu berfungsi sinergis dengan beta-agonist dalam melebarkan paru-paru yang menyempit. Rupanya senyawa yang terkandung didalam jahe mampu melegakan gejala asma jika digunakan dengan beta-agonist.

Anda juga bisa memadukan jahe dengan madu. Jahe dan madu amat bagus dan aman tanpa efek samping. Karena, madu telah dipercaya dari dulu, mampu membantu membersihkan dan menjaga sistem pernafasan dari lendir. Rempah jahe sendiri bekerja buat menyetopkan peradangan dan lendir dari saluran pernafasan.

Untuk mengambil khasiat ampuh dari jahe buat mengobati asma, Anda bisa melakukannya dengan cara memarut jahe dan merebusnya dengan air hingga mendidih. Kemudian angkat dan diamkan sejenak hingga hangat, lalu tambahkan madu dan aduk rata. Sesudah itu, minumlah minuman sehat ini dengan rutin.

Jenis Penyakit Asma Yang Perlu Diketahui

  • Asma intermiten ringan. Gejalanya dapat terjadi cuman sesekali. Jenis asma ini diobati sesuai kebutuhan dengan obat hisap, seperti albuterol, yang memperlebar saluran udara.
  • Asma persisten ringan. Gejala yang muncul ringan, tapi terjadi secara teratur/sering. Jenis asma ini dapat diobati dengan pemakaian sehari-hari steroid inhalasi, bersama dengan albuterol jika gejala berlangsung. Steroid inhalasi sudah terbukti mampu mengurangi resiko serangan tiba-tiba dan rawat inap, dan mengurangi kebutuhan pada albuterol. Obat umum steroid yang di hirup tercakup budesonide, fluticasone, beclomethasone dan triamcinalone.
  • Asma persisten sedang. Gejala yang muncul lebih berat dan terjadi dengan teratur. Jenis asma yang satu ini dapat diobati dengan dosis harian steroid inhalasi yang meningkat, selain obat lain ( contohnya, salmeterol, teofilin, montelukast dan kromolin ) serta albuterol ketika serangan tiba-tiba. Kegagalan buat mengendalikan gejala dengan memakai 2 dari obat tersebut menunjukan individu mungkin mempunyai asma berat / kemungkinan diagnosis lain.
  • Asma berat. Asma berat membutuhkan dosis tinggi steroid inhalasi / steroid oral, bersama dengan obat pengontrol lainnya. Jenis penyakit ini serius, dan kemungkinan pengidap kerap membutuhkan rawat inap.

Baca juga Obat Alami Asma Paling Mujarab

Faktor Resiko Asma

Pada kalangan anak-anak, penyakit asma lebih kerap dialami oleh anak laki-laki. Diantara orang dewasa, penyakit ini paling sering menerjang kaum perempuan berusia 40 tahun ke atas.

Faktor Resiko Asma Lainnya, mencakup :

  • Penyakit alergi lain ( contohnya, eksim / alergi makanan )
  • Faktor lingkungan & pekerjaan, termasuk asap rokok, tungau debu, bulu hewan, tanaman, serbuk sari, bahan kimia, enzim, jamur dan logam.
  • Riwayat keluarga. Sekitar 75% anak-anak dengan 2 orang tua pengidap asma juga mempunyai asma.
  • Sebuah penelitian besar, Nurses’ Health Study II, mengabarkan bahwa perempuan dengan indeks massa badan tertinggi mempunyai resiko tertinggi terkena asma. Yang paling gemuk mempunyai resiko hampir 3x ketimbang dengan individu dengan berat tubuh normal. Studi lainnya juga menunjukan penurunan keparahan asma dan kontrol buat mereka yang sudah menurunkan berat tubuhnya.

Source : www.nhlbi.nih.gov

Efek Negatif Penggunaan Ponsel Terhadap Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui dampak dari penggunaan ponsel sehari hari akan berpengaruh terhadap kesehatan kita, berdasarkan fakta dan penelitian selama ini ditemukan 4 dampak negatif karena paparan radiasi ponsel terhadap kesehatan kita, antara lain:

Otak Mengalami Degenerasi (Lemah Otak)
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti Swinburne University of Technology’s Brain Sciences Institute di Melbourne, Australia menyimpulkan bahwa para pengguna ponsel yang sering menggunakan telepon cenderung akan mengalami perbaikan memori, namun kurang cepat tanggap dalam merespon sesuatu yang terjadi di sekitarnya.

Studi menunjukkan bukti respon yang lamban pada partisipan yang melakukan reaksi sederhana dan reaksi yang lebih kompleks, seperti memberikan respon saat diminta memilih lebih dari dua alternatif.

Para pengguna ponsel, terutama yang menggunakan ponsel dalam kapasitas berlebihan cenderung mengalami penurunan atau perubahan sistem yang cukup berarti dibanding mereka yang menggunakan ponsel seperlunya. Namun dalam studi penelitian tersebut, peneliti tak menemukan dampak ponsel pada gangguan kesehatan, meskipun diakui studi ini tak memfokuskan pada konsekuensi kesehatan, tapi lebih ditekankan pada fungsi kerja otak.

Baca juga : obat kanker otak alami

Penuaan Dini
Setelah beberapa waktu sebelumnya radiasi ponsel pernah dinyatakan memicu kanker otak, kini sebuah riset tengah menyatakan pengaruh radiasi ponsel terhadap kesehatan kulit. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa radiasi ponsel menyebabkan tingkat sel kulit berubah, seperti menimbulkan kerutan pada kulit, meskipun sampai saat ini masih belum bisa dipastikan pengaruhnya pada kesehatan. Sel sel kulit tersebut mengalami banyak perbedaan ketika mereka tetap berada di badan dibandingkan kondisi lingkungan laboratorium.

Resiko Kesehatan Terhadap Anak Anak
Tingkat radiasi yang terdapat pada ponsel dapat menyebabkan munculnya sel abnormal pada otak anak anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan, tentunya ini sangat beresiko munculnya sel kanker otak, ditambah apabila sang anak memiliki bawaan gen kanker dari orang tuanya.

Menurunnya Kesuburan Pria
Efek samping dari radiasi handphone juga berpengaruh pada tingkat kesuburan pria, menyimpan handphone di saku celana, atau dimasukkan dalam sarung kecil kemudian digantung di pinggang, maka produksi sel sperma bisa berkurang hingga 30 persen.

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, mengambil sampel sel sperma 221 pria, dan mengamati perilaku keseharian mereka dalam menggunakan ponsel. Ditemukan adanya efek berbahaya antara penggunaan ponsel bahkan jika hanya di set dalam posisi standby dengan berkurangnya kualitas serta kuantitas sperma.
Selain meningkatkan resiko terkena kanker otak, ternyata banyak juga efek negatif lain yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel. Mulai sekarang bijaklah dalam menggunakan ponsel.

Terapi Hormon Untuk Penderita Kanker Prostat

Salah satu pengobatan kanker prostat adalah dengan terapi hormon yang bertujuan untuk menurunkan kadar hormon pria (androgen), karena dari hormon androgen inilah membuat sel sel kanker prostat menjadi tumbuh dan berkembang. Sumber utama tubuh yang menghasilkan hormon androgen berasal dari testis.

Dengan menurunkan kadar androgen akan membuat kanker prostat menjadi lebih kecil atau pertumbuhannya menjadi lebih lama karena tidak mendapatkan suplai makanan dari hormon tersebut. Dengan terapi pengobatan hormon androgen pertumbuhan sel kanker dapat di kontrol, tetapi tidak dapat menyembuhkan kanker itu sendiri.

Mungkin saja dokter anda menyarankan untuk melakukan perawatan, dan biasanya dokter hanya bisa mengontrol kanker prostat yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dengan terapi hormon. Hasilnya dalam jangka waktu tertentu kanker tidak akan tumbuh, bahkan bertahun tahun, namun sebagian kecil kanker prostat ada yang tumbuh meskipun sudah tidak ada hormon androgen pada pria.

Terapi hormon sering digunakan dalam pengobatan kanker prostat, jika:

Penderita tidak ingin melakukan pembedahan atau pun radiasi untuk pengobatan kankernya.
Pria yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami kekambuhan biasanya bersamaan dengan radioterapi.
Kanker prostat telah menyebar ke organ lain atau pada kasus kanker sering kambuh.
Digunakan sebelum dilakukan tindakan pembedahan atau radioterapi dengan tujuan untuk mengecilkan kankernya.

Penggunaan obat obatan untuk terapi hormon pada pengobatan kanker prostat antara lain:

  • Agonists luteinizing hormon – hormon dilepaskan (LHRH): obat ini dapat mencegah testis membuat testosteron. Adalah leuprolid dan goserelin.
  • Antiandrogens: Obat ini dapat memblokir aksi hormon laki-laki. Contoh adalah flutamide, bicalutamide, dan nilutamide.
  • Obat lain: beberapa obat dapat mencegah kelenjar adrenal membuat testosteron. Adalah ketoconazole dan aminoglutethimide.

Silahkan baca info penting tentang obat kanker prostat herbal.

Efek samping yang dihasilkan dari obat obatan tersebut adalah mual dan muntah, impotensi, hot flashes, hilangnya hasrat seksual, dan tulang yang lebih lemah, osteoporosis, gangguan hati, dan ginekomastia (pembesaran payudara).
Tentu setiap cara pengobatan yang ditempuh memiliki efek samping dan resiko tersendiri, oleh karena itu mulailah menjaga kesehatan anda sejak dini agar terbebas dari bahaya kanker prostat yang mengancam.

Jenis Operasi Yang Dilakukan Kepada Penderita Miom

Tindakan operasi merupakan salah satu tindakan medis untuk mengobati penyakit miom dengan membedah bagian tubuh apabila gejala yang ditimbulkan akibat penyakit tersebut semakin parah dan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan medis tidak berhasil.

Tindakan operasi miom yang biasanya dilakukan untuk mengatasi miom ada 3 jenis operasi, berikut mengenai jenis operasi tersebut:

  1. Bedah histeroskopi. Ini adalah prosedur mengangkat miom melalui vagina dengan menggunakan peralatan operasi kecil. Langkah ini tidak memerlukan adanya penyayatan, proses pengangkatan miom dilakukan melalui vagina. Cara ini cocok bagi wanita yang masih ingin memiliki anak di masa mendatang.
  2. Miomektomi. Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat miom yang berada pada dinding rahim. Operasi ini dilakukan apabila Anda masih ingin memiliki anak. Meski begitu, operasi ini sangat bergantung pada ukuran, jumlah, dan letak miom pada rahim. Operasi jenis ini tidak bisa diterapkan pada segala jenis miom. Cara ini cukup efektif mengatasi miom, meski ada kemungkinan miom dapat kembali dan akan diperlukan operasi lanjutan.
  3. Histerektomi. Prosedur ini adalah operasi pengangkatan seluruh rahim yang akan disarankan, antara lain jika miom yang ada cukup besar, terjadi pendarahan yang banyak, dan Anda tidak ingin memiliki anak lagi. Cara ini sangat efektif dalam mencegah kembalinya miom di masa mendatang.

Namun sebelum anda mengambil keputusan untuk memilih operasi untuk menghilangkan penyakit miom yang anda derita alangkah lebih baik apabila anda menanyakan kepada dokter spesialis kandungan tentang manfaat dan resiko yang akan dihadapi ketika memilih prosedur operasi tertentu.

Baca juga obat alami miom yang ampuh dan aman.

Selain memiliki resiko atau efek samping tindakan bedah operasi miom juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit tergantung dengan jenis operasi yang dipilih serta berbagai faktor lainnya.

Sebagai gambaran dari beberapa sumber yang kami dapatkan biaya operasi miom tahun 2015 yang diperlukan ialah 7 juta rupiah sampai 20 juta rupiah. Bahkan dari sumber lainya menyebutkan biaya yang dihabiskan untuk melakukan operasi miom mencapai angka kurang lebih 38 juta rupiah dengan rincian :

  • Biaya operasi laparatomi dengan pilihan kamar VIP adalah 32 juta rupiah.
  • Biaya test lab sebelum operasi hampir 5 juta rupiah.
  • Biaya konsultasi sebelum operasi 750 ribu rupiah.

Demikian pembahasan tentang jenis jenis operasi yang biasa dilakukan kepada penderita miom yang sudah parah, karena itu sedini mungkin lakukan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi obat herbal dan terapi kesehatan untuk menghindari biaya yang harus dibayar mahal melalui proses operasi apabila sudah terlanjur parah.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh Untuk Dilakukan

Jerawat seringkali menjadi masalah besar bagi beberapa orang karena kehadirannya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pubertas, jerawat dapat timbul dengan sendirinya karena adanya metabolisme hormon yang meningkat di dalam tubuh seseorang.

Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh Untuk Dilakukan

Jerawat biasanya muncul di area sekitar wajah, leher, dada, dan bisa juga di bahu / punggung. Keberadaan dari jerawat ini seringkali membuat risih dan ingin segera menghilangkannya baik dari usia remaja sampai orang dewasa karena mengurangi rasa kepercayaan diri dan penampilan.

Beragam produk kecantikan dan obat juga telah dibuat untuk membantu mengurangi jerawat, supaya produk dan obat tersebut dapat bekerja dengan baik selain digunakan / diminum secara teratur Anda juga perlu melakukan kebiasaan tertentu.

Berikut cara cara menghilangkan jerawat yang ampuh untuk dilakukan:

  1. Cuci Muka Secara Teratur Menggunakan Pembersih Khusus Untuk Kulit Wajah

Banyak sekali produk pembersih wajah penyebab jerawat seperti minyak, debu, dan kotoran yang beredar di pasaran. Gunakanlah secara teratur untuk menjaga kebersihan wajah Anda minimal tiga kali sehari dengan produk pembersih wajah tersebut. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan berasal dari bahan yang aman untuk kulit wajah.

Mencuci muka secara teratur terbukti efektif dalam mengurangi timbulnya jerawat di wajah. Karena penyebab utama dari jerawat seperti kotoran dan minyak berlebihan tidak menempel terlalu lama di wajah Anda.

  1. Hindari Memegang Jerawat Secara Langung

Saat jerawat Anda semakin besar dan terasa gatal / sakit janganlah menyentuhnya apalagi sampai dipencet, cukup dengan diolesi krim jerawat dan mencuci muka. Karena jika Anda melakukannya maka jerawat akan muncul pada titik yang lain karena tangan Anda yang kotor, dan memencet jerawat dapat menimbulkan bekas luka yang sulit hilang.

  1. Tidak Menggunakan Make Up Berlebihan dan Dalam Waktu yang Lama

Terlalu berlebihan dalam menggunakan alat kosmetik wajah / make up dapat menyebabkan pori pori kulit tertutup sehingga memicu jerawat berkembang. Gunakanlah make up secara bijaksana sesuai dengan jenis kulit Anda dan kondisi tertentu. Apabila sudah selesai atau mau tidur, jangan lupa untuk segera membersihkan make up dari wajah Anda.

  1. Melakukan Olahraga Ringan Secara Teratur

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat menguntungkan bagi tubuh dan kesehatan Anda. Rutin melakukan olahraga dapat menyeimbangkan metabolisme hormon dan menurunkan tingkat stress yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah Anda. Cuci muka dengan air hangat juga disarankan untuk dilakukan setelah selesai berolahraga karena dapat membersihkan keringat dan minyak hingga ke pori pori wajah.

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Jerawat juga dipengaruhi oleh makanan yang kita makan sehari hari, makan makanan berminyak, berlemak, fast food, junk food yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, dan buah buahan yang berserat tinggi untuk menstabilkan produksi hormon di dalam tubuh Anda yang menyebabkan jerawat.

  1. Tidur yang Cukup dan Hindari Tidur Larut Malam

Mencukupi jam istirahat setiap hari dan tidak tidur larut malam dapat menyeimbangkan metabolisme hormon yang dapat mencegah munculnya jerawat. Tidur larut malam dapat menyebabkan metabolisme terganggu dan tingkat stress meningkat sehingga berdampak pada munculnya jerawat.

Demikianlah tips dan cara menghilangkan jerawat yang ampuh untuk dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang. Melakukan kebiasaan yang sehat pada diri Anda sendiri dapat berdampak besar dibanding dengan harus mengeluarkan biaya besar untuk perawatan jerawat di klinik kecantikan.